Sosialisasi Audit Mutu Internal Oleh Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Selamat Sri

Oleh : LPM

Rabu, 14 Juni 2023

Sosialisasi Audit Mutu Internal yang diadakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Bersama Tim Auditor AMI yang dihadiri oleh Dekan Fakultas, Ketua Prorgram Studi, Gugus Penjaminan Mutu, Unit Penjaminan Mutu dengan total peserta kurang lebih 40 orang.

Audit Mutu Internal merupakan sarana untuk mewujudkan Quality First di bidang pendidikan. Sebagai bagian dalam sistem penjaminan mutu internal, audit mutu internal berfungsi sebagai perangkat manajemen untuk memonitoring dan mengevaluasi efektifitas penerapan kebijakan mutu di lingkungan Universitas Selamat Sri.

Audit mutu internal bermanfaat bagi evaluasi penyelenggaraan pendidikan tinggi di Universitas Selamat Sri. Hasil kegiatan audit dapat digunakan sebagai identifikasi permasalahan pelaksanaan pendidikan yang terjadi di lingkungan Universitas Selamat Sri, sehingga lebih mudah disiapkan solusi perbaikannya. Audit internal juga menjadi pijakan untuk peningkatan mutu internal ke depan selaras dengan visi, misi, dan rencana strategis yang telah ditetapkan.

Sosialisasi AMI dibuka dan diarahkan langsung oleh Rektor Universitas Selamat Sri, Bapak Nurkholik, S.E., M.Si

Sosialisasi di pandu dan di fasilitatori oleh Sekertaris LPM, Ibu Sherli Junianingrum, S.E., M.M.

AMI tahun ini akan mengevaluasi mutu pada tahun ajaran 2021/2022 semester genap. Tim Auditor terdiri dari anggota LPM, GPM dan UPM di lingkungan Universitas Selamat Sri, dengan anggota; Suprihatma, S.Pd., M.Pd. , Lukman Zaini Abdullah, S.Kom., M.Si. , Rizki Ridhasyah, S.Ak., M.Ak., Ak. , Sherli Junianingrum, S.E., M.M. , Miandhani Denniz Yuniar, S.I.Kom., M.I.Kom. dan Muhammad Miftahul Abid, S.T., M.Sc.

Ke-6 auditor tersebut mempunyai tugas untuk mengevaluasi penjaminan mutu di setiap program studi di lingkungan Universitas Selamat Sri.

Pelatihan ini memberikan dua sesi materi yang dipaparkan oleh Bapak Rizki Ridhasyah, S.Ak., M.Ak. Ak. yang menerangkan pentingnya Audit Mutu Internal sebagai salah satu poin siklus PPEPP yaitu poin Evaluasi. Kemudian dilanjutkan Pemateri II yaitu Bapak Lukman Zaini Abdullah, S.Kom., M.S.i. yang menerangkan mengenai instrumen yang akan digunakan dalam penilaian AMI.

Di akhir acara diadakan tanya jawab yang disampaikan oleh masing-masing Fakultas mengenai kegiatan AMI yang akan berlangsung pada awal bulan Juli. Harapannya semoga AMI dapat menjadi perangkat untuk mengevaluasi kebijakan mutu di seluruh program studi di Lingkungan Universitas Selamat Sri.

PELATIHAN SiSTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) DI UNIVERSITAS SELAMAT SRI

Oleh : LPM

Sabtu, 06 Mei 2023

Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal yang diadakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu yang dihadiri oleh Ketua Prorgram Studi, Gugus Penjaminan Mutu, Unit Penjaminan Mutu dengan total peserta kurang lebih 20 orang.
Sistem Penjaminan Mutu Internal bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan mutu Pendidikan Tinggi secara berkelanjutan, yang dijalankan secara internal untuk mewujudkan visi dan misi Perguruan Tinggi, serta untuk memenuhi kebutuhan stakeholders melalui penyelenggaraan perguruan tinggi.

Pelatihan system penjaminan mutu internal sangat penting bagi universitas untuk memberikan pemahaman secara mendalam dan keterampilan dalam merancang system penjaminan mutu.

Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu dibuka dan diarahkan langsung oleh Rektor Universitas Selamat Sri, Bapak Nurkholik, S.E., M.Si dan Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Ibu Neli Hajar, S.Sos.I., M.M.
Pelatihan dimulai dengan diadakan pre-test yang dipimpin oleh fasilitator, Ibu Sherli Junianingrum, S.E., M.M.

Pelatihan ini memberikan tiga materi yang dipaparkan oleh Bapak Miftahul Huda, S.Sos., M.Sos. yang menerangkan mengenai konsep dan implementasi SPMI di perguruan tinggi. Kemudian dilanjutkan Pemateri II yaitu Bapak Lukman Zaini Abdullah, S.Kom., M.S.i. yang menerangkan mengenai dokumen mutu SPMI dan pemateri III yaitu Bapak Rizki Ridhasyah, S.Ak., M.Ak., Ak. Yang memaparkan mengenai optimalisasi penjaminan mutu di level UPPS dan Program Studi.
Di akhir acara diadakan Post-test yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana peserta dapat memahami materi yang telah diberikan oleh Pemateri.